Pengertian Evolusi

Pengertian Evolusi - Evolusi pada makhluk hidup adalah perubahan yang dialami makhluk hidup secara berangsur-angsur dalam waktu yang lama sehingga terbentuk spesies baru. Kajian yang membahas tentang kejadian makhluk hidup yang bisa beraneka ragam di bumi ini disebut dengan Teori Evolusi.

Para ilmuwan biologi, seperti Charles Darwin (Inggris, 1809–1882) menyatakan bahwa makhluk hidup selalu mengalami perubahan secara berangsur-angsur dalam waktu yang relatif lama. Dengan adanya perubahan tersebut, mengakibatkan timbulnya sifat-sifat baru. Sifat baru yang mula-mula merupakan penyimpangan sedikit dari sifat asli, namun karena berlangsung terus-menerus dalam waktu yang lama akhirnya menyebabkan munculnya jenis makhluk hidup baru dengan sifat yang berbeda dari sifat asal makhluk hidup tersebut.

Pengertian Evolusi

Pengertian Evolusi

Para ahli biologi telah mengakui bahwa makhluk hidup yang ada sekarang berasal dari makhluk hidup pada masa lalu. Bukti adanya petunjuk kehidupan pada masa lalu yang berbeda terdapat pada tiap-tiap lapisan bumi dengan adanya perubahan yang nyata dari masa ke masa. Lapisan bumi yang paling atas menunjukkan adanya kegiatan pada masa yang paling muda. Makin ke bawah, memberi petunjuk pada masa yang lebih tua. Spesies-spesies yang hidup pada lapisan bumi yang atas, berasal dari kehidupan pada lapisan bumi di bawahnya. Begitu seterusnya, sehingga makhluk hidup yang ada sekarang berasal dari makhluk hidup pada masa lampau yang mengalami beberapa perubahan melalui peristiwa evolusi.

Proses perubahan mahluk hidup secara bertahap dalam jangka waktu yang lama dari bentuk sederhana menjadi bentuk yang kompleks.

Ada dua macam evolusi:

  1. Evolusi progresif. Perubahan yang menghasilkan spisies yang memungkinkan melanjutkan kehidupan selanjutnya
  2. Evolusi Regresif. Perubahan yang menghasilkan spesies yang tidak memungkinkan melanjutkan kehidupan selanjutnya.

Pengertian evolusi biologi atau evolusi biologis adalah keadaan yang mana terjadi perubahan genetic dalam suatu populasi yang turun-temurun dari beberapa generasi. Perubahan-perubahan tersebut bisa terlihat dan dalam skala besar bisa juga disebut sebagai makroevolusi ataupun bisa juga tidak terlalu nampak atau ada dalam skala kecil yang disebut mikroevolusi. Untuk dapat disebut sebagai sebuah evolusi, maka harus terjadi suatu perubahan genetic dalam populasi yang kemudian menurun ke generasi berikutnya untuk menyatakan bahwa terjadi evolusi tingkat gen atau alel pada sebuah populasi dan akan berevolusi turun temurun.

Nampaknya, pengertian evolusi dalam dunia biologi sangat penting guna menganalisis berbagai hal yang berkaitan dengan gen dan sifat species. Misalnya, kita dapat mencari dan mengurutkan hingga ditemukan nenek moyang dari suatu spesies asli sebelumnya. Hal inilah yang mendasari ungkapan Charles Darwin mengenai nenek moyang manusia adalah manusia kera. Meskipun pada intinya evolusi biologis ini ditandai dengan berbagai perubahan fisik tampak, tetapi tidak semua yang berubah dapat disebut evolusi. Misalnya, jika seorang manusia bertambah berat badan aatu tinggi badan, maka hal tersebut bukanlah sebuah evolusi karena ini bukanlah perubahan yang diakibatkan dari perubahan gen.

Berkaitan dengan evolusi, ada kalanya saat kita belajar mengenai evolusi kita sering mendengar tentang seleksi alam. Ya, seleksi alam merupakan salah satu faktor yang menentukan pula sebuah evolusi. Dari sejak awal,  alam hingga saat ini telah mengalami banyak perubahan. Baik perubahan suhu, susunan, bahkan pulau-pulau pun pernah bergerak dan berpindah dari tempat aslinya. Hal inilah yang disebut dengan seleksi alam. Bagi spesies, apabila spesies tersebut tidak mampu beradaptasi dan berevolusi dengan baik, maka akan ada kemungkinan spesies tersebut tidak lagi dapat berkembang dan bertahan untuk hidup. Tidak hanya dari unsur perubahan abiotik, evolusi juga bisa terjadi akibat berkurangnya ketersediaan makanan. Misalnya, banyak prediksi yang mengatakan bahwa jerapah pada mulanya memiliki leher yang pendek, namun, akibat berkurangnya rumbut dan harus mencari makanan dipohon, lehernya kemudian memanjang. [sL]
Silahkan dibagikan ke :
Facebook Twitter Google+