Peluang Usaha Bisnis Ikan Arwana

Peluang Usaha Bisnis Ikan Arwana - Ikan Arwana merupakan jenis ikan hias air tawar yang asli berasal dari perairan Indonesia, jika dulu jenis ikan ini harus dicari dialam bebas tapi saat ini bisa ditemukan dibanyak tempat karena memang banyak yang membudidayakan. Beberapa tahun yang lalu jenis ikan hias arwana masuk dalam kategori ikan yang hampir punah hal itu dikarenakan banyaknya orang yang menangkap dan memperjualbelikan ikan arwana untuk ikan hias di akuarium.

Saat ini ikan hias arwana tidak lagi harus dicari dirawa atau habitat aslinya karena sudah banyak yang membudidayakan oleh manusia. pembudidayaan ikan arwana termasuk untuk memulihkan lagi status arwana yang disebut berada diambang kepunahan.

Mencari ikan hias jenis arwana saat inipun cukup mudah, paling tidak di kota kota sudah banyak penjual ikan jenis arwana ini

Jenis ikan hias air tawar satu ini termasuk primadona pagi peminat ikan hias, tapi ikan Arwana memiliki harga yang cukup tinggi jadi tidak cocok buat mereka yang berkantong pas-pasan.

Jenis-jenis Ikawan Arwana untuk Bisnis dan Peluang Usaha
1. Arwana Super Red yang berasal dari Propinsi Kalimantan Barat, bisa ditemukan disekitar wilayah seperti dari Sungai Kapuas dan Danau Sentarum yang dikenal sebagai habitat dari Super Red. Perairan ini merupakan wilayah hutan gambut yang menciptakan lingkungan primitif bagi ikan purba tersebut.

Arwana Super Red

Dominan warna merah pada Arwana Super Red tampak pada sirip ikan muda, pada bibir dan juga sungut. Warna merah akan muncul di berbagai bagian tubuh lainnya saat ikan ini bernajak dewasa, warna merah itu terutama pada tutup insang dan pinggiran sisik, sehingga tubuh ikan terlihat berwarna merah.

Arwana Super Red dikelompokkan menjadi empat jenis:
  • Blood Red
  • Chili Red
  • Orange Red
  • Golden Red).

2. Arwana Cross Back Golden banyak sekali dijumpai di berbagai wilayah di Malaysia, seperti Perak, Trengganu, Danau Bukit Merah dan Johor. Ikan Arwana tersebut mendapat nama sesuai daerah asalnya seperti Golden Pahang, Bukit Merah Blue atau Malaysian Gold.

Arwana Cross Back Golden

Cross Back Golden merupakan ciri bagi ikan Arwana jenis ini yaitu saat dewasa memiliki warna emas penuh hingga melewati punggungnya. Ikan jenis ini tidak tidak banyak dijumpai karena memang hanya terdapat sedikit dan belum terlalu banyak di kembangkan

Arwana Cross back Golden dibagi menjadi beberapa jenis:
  • Purple-Based
  • Blue-Based
  • Gold Based
  • Silver-Based

3. Arwana Jardini jenis ikan arwana yang ditemukan di wilayah irian atau papua, warnanya kecoklatan dengan tengah tengah sisiknya berwarna kuning keemasan. Ikan ini banyak juga ditemui di Australia

Arwana Jardini

4. Green Arwana / Golden Pino jenis Arwana satu ini banyak ditemui diwilayah Asia seperti di Thailand, Malaysia, Myanmar, Komboja, dan Indonesia.

Arwana Golden Pino

Green Arwana berwarna kelabu kehijauan dangan pola garis-garis berwarna gelap pada ekor

5. Red Tail Golden adalah jenis Arwana yang dijumpai di daerah Pekan Baru, Sumatera. Warna emas pada varietas ini tidak akan berkembang hingga melewati punggung namun hanya akan mencapai baris ke empat sisik.

Arwana Red Tail Golden

Red Tail Golden juga disebut Arwana Asia yang banyak menghuni sungai berair keruh, hidup di air mengalir melalui rawa-rawa hutan dan lahan basah yang bergerak lambat. Arwana ini saat masih muda memakan serangga, sementara yang sudah besar memakan ikan ikan lainnya
Jenis ini statusnya sebagai spesies yang terancam punah.

6. Arwana Banjar Merah yang dikatakan sebagai varietas arwana merah kelas 2 . Cirinya antara lain warna sirip yang orange pucat, ekor orange atau kuning, dan tidak memiliki warna merah di badan maupun di kepala bagian sisi. Arwana Banjar Merah memiliki bentuk kepala yang cenderung membulat dengan mulut yang tidak terlalu lancip

Arwana Banjar Merah

Itulah jenis jenis ikan Arwana yang ada saat ini

Ada jenis jenis lain dari ikan hias Arwana tetapi yang ini tidak cocok untuk dipelihara di akuarium karena ukurannya yang terlalu besar seperti Arwana Black dan Silver yang bisa mencapai 60 cm dan 90 cm.

Arwana Araipama Gigas malah lebih besar lagi bisa mencapai panjang 3 meter.

Berjualan ikan Arwana memang ada peluang mendapatkan untung besar, tapi Anda juga harus menyiapkan modal yang lumayan besar untuk memulai usaha penjualan ikan Arwana. Jika satu ikan ini harganya mencapai jutaan rupiah, silahkan dikalkulasikan sendiri. [sL]
Silahkan dibagikan ke :
Facebook Twitter Google+