5 Cara Mengobati Batuk pada Malam Hari

Cara Mengobati Batuk pada Malam Hari - Untuk bisa melanjutkan istirahat anda dan terbebas dari batuk di saat malam hari, berikut ini tips yang bisa anda gunakan sebagai pengusir batuk di saat malam. Tips-tips berikut ini sangatlah efektif dan lebih aman jika dibandingkan dengan cara penyembuhan yang lainnya.

5 Cara Mengobati Batuk pada Malam Hari

5 Cara Mengobati Batuk pada Malam Hari

1. Buatlah Kamar Anda Terbebas Dari Alergen

Hal yang seringkali memicu batuk malam hari adalah debu di kamar Anda. Debu menjadi salah satu alasan yang bisa memicu reaksi alergi dan memicu batuk karena tubuh merasa asing dengan zat-zat kotor yang berada dikamar anda. Perlu anda ketahui bahwa tubuh Anda terkadang menjadi sangat sensitif terhadap kondisi sekitar saat sedang batuk dan flu. Rajinlah membersikan selimut dan sarung bantal yang anda gunakan agar bisa meminimalisir adanya debu dan kotoran yang bisa memicu alergi.
Baca : 9 Cara Menghilangkan Bau Mulut secara Efektif

2. Perbanyak Minum

Minum adalah salah satu cara untuk mengusir lendir / dahak yang ada ditenggorokan Anda. Minuman yang hangat sangat disarankan bagi anda yang sedang batuk karena bisa melonggarkan lendir dan menenangkan iritasi pada tenggorokan. Anda bisa menggunakan teh hangat yang rendah kafein sebelum anda tidur. Hal tersebut sangat membantu anda merasakan tidur yang nyenyak karena tenggorakan anda akan merasa lebih nyaman dan tidak gatal akibat pengaruh dahak / lendir.

3. Tambahkan Madu Dalam Teh Anda

Menurut data yang kami peroleh dari situs Mayo Clinic, madu sangat efektif untuk menenangkan batuk karena menekan dextromethorphan. Madu pun tidak menimbukan efek samping yang berbahaya untuk tubuh terutama untuk yang tidak alergi dengan madu. Anda tinggal menambahkan 2 sendok teh pada secangkir teh sebelum tidur untuk membuat tenggorokan anda terasa nyaman. Sayangnya anda tidak bisa menggunakan madu begitu saja untuk anak kecil dibawah 1 tahun. Hal ini karena madu bisa menyebabkan keracunan botulisme pada anak-anak yang berumur dibawah 1 tahun.

4. Menggunakan Eucalyptus

Barangkali anda agak asing dengan eucalyptus, namun setelah anda mengetahui manfaatnya pasti anda akan berusaha untuk mendapatkannya di apotek terdekat. Eucalyptus adalah bahan umum dalam obat batuk atau obat pelega dada yang meringankan gejala batuk.
Baca : Nutrisi Otak Agar Anak Cerdas

5. Relaksasi Dengan Uap

Batuk malam hari bisa diatasi dengan relaksasi saluran penapasan menggunakan uap. Uap merupakan salah satu cara efektif untuk mengobati batuk, baik batuk kering maupun berdahak. Anda bisa membeli humidifier unguk menambah uap di kamar anda akar kelembaban udara terjada. Anda juga bisa mandi air panas untuk menggantikan humidifier jika anda tidak memilikinya. Cara ini sangat mudah dilakukan dan tidak mengandung resiko yang besar jika dibandingkan dengan penggunaan obat batuk kimia. [sL]
Silahkan dibagikan ke :
Facebook Twitter Google+
DMCA.com Protection Status Top academics blogs Home & Garden Blogs